Strategi Dan Tips Menabung Untuk Masa Depan Mahasiswa

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui cara menabung yang baik untuk masa depan. Merencanakan keuangan dengan baik adalah salah satu bentuk menyiapkan masa depan yang lebih baik. Semakin awal kita mulai menabung untuk investasi, maka kita bisa mengantisipasi kebutuhan dana untuk kehidupan. Jika berinvestasi dengan tepat, bukan tidak mungkin hasil investasinya bisa membuat kita hidup nyaman di usia muda tanpa perlu bekerja membanting tulang.

Menabung untuk masa depan yang lebnih baik

Pastikan kamu memenuhi diri dengan lebih banyak informasi sebelum membuat keputusan finansial. Sedangkan sebagian yang lain masih harus berjuang untuk mendapatkan pendapatan tambahan dan mengelolanya dengan lebih baik. Memang tak bisa dipungkiri, meski masuk fase new normal setelah pandemi Covid-19, tetapi kondisi keuangan masih belum stabil. Beberapa kebutuhan ketika pandemic dapat ditekan, seperti pengeluaran dalam penggunaan transportasi, pembelian pakaian dan baju, serta pengeluaran untuk makan dan nongkrong di luar.

Bentuk aksi nyata yang dilakukan BCA adalah pembagian 500 rekening SIMPEL bagi siswa-siswi SMAN 3 Serang pada Kamis (12/8) lalu. Dia menilai generasi muda menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki banyak potensi dan perlu untuk didukung serta dikembangkan. Bunga dari penempatan dana di instrumen-instrumen keuangan tersebut bisa langsung diterima dan masuk ke rekening pribadi layaknya pendapatan pasif.

Dengan berhemat akan ada uang sisa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Nah, pada dasarnya jika anda belum pernah berhemat, anda sebenarnya dapat menghemat 20 sampai 30% pengeluaran loh. Beberapa di antaranya adalah dengan asuransi, BPJS, dan mempersiapkan tabungan Situs Online untuk hal-hal darurat. Dengan demikian, ketika suatu masalah terjadi, anda tidak terlalu panik kesana kemari mencari pinjaman. Juga menghindarkan anda dari jerat rentenir dengan bunga mencekik. Banyak orang yang menabung hanya agar memiliki barang impian di masa depan.

Agar saat bekerja nanti kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik dan memiliki simpanan untuk masa depan. Salah satu contohnya ketika salah seorang anggota keluarga kamu sakit atau mengalami kecelakaan. Terdapat banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kebiasaan menabung.

Sedangkan investasi adalah proses penanaman uang atau modal dalam suatu proyek untuk memperoleh keuntungan jangka panjang. Perbedaan paling menonjol yaitu tabungan biasanya berupa uang yang disimpan dalam simpanan sendiri atau bank sebagai tabungan, sedangkan investasi terbagi menjadi berbagai jenis produk. Cara menabung yang efektif yang berikutnya yaitu dengan memisahkan rekening tabungan Anda. Memiliki rekening yang sama untuk tabungan, pengeluaran, dan dana darurat akan sangat mengganggu kondisi finansial Anda. Merdeka finansial tidak mungkin dapat diraih tanpa pemahaman yang baik tentang kondisi finansial diri sendiri, atau dengan kata lain melek finansial. Misalnya dengan memiliki investasi yang dapat dilakukan dalam bentuk apapun selama memberikan return di atas inflasi.

Ada yang memang karena tingkat kebutuhan terlalu besar dibandingkan tingkat penghasilan. Bahkan saat penghasilan sudah meningkat, masih saja gagal menabung. Di kesempatan yang sama, Yudhi Tri Apriyanto mengungkapkan alasan program yang disebutnya sebagai The Gadai Clean and Gold, yaitu menukarkan hasil setoran sampah yang telah dipilah dengan emas. Menurutnya emas merupakan salah satu bentuk investasi yang mampu melawan inflasi. Mengusung tagline ‘Memilah Sampah, Menabung Emas’, Bank Sampah UNS menjadi solusi bagi sivitas akademika UNS dan masyarakat di sekitar lingkungan kampus untuk lebih bijak dalam mengelola sampah. Selain menumbuhkan kebiasaan memilah sampah, Bank Sampah UNS juga mengadakan program penukaran hasil setoran sampah yang dikonversikan ke emas.

Jika Anda merasa sudah merasa melakukan penghematan namun tak kunjung juga bisa menabung karena gaji pas-pasan, mungkin saatnya Anda mulai meng-create sumber penghasilan tambahan. Misalnya Anda memiliki hobi fotografi, maka cobalah untuk menjadikan hobi tersebut sebagai sumber penghasilan tambahan. Misalnya mulai membuka jasa foto melalui marketplace atau lainnya. Nah, penghasilan tambahan dari fotografi inilah yang bisa Anda simpan dalam rekening tabungan. Apapun pilihanmu, pastikan kamu sudah mulai untuk berinvestasi dengan jenis investasi yang cocok denganmu.

Demi masa depan yang sejahtera, ataukah Anda bermaksud meminang si dia atau bisa juga demi memiliki rumah sendiri. Jurus menabung ini tentu saja bukan untuk memuaskan hasrat konsumtif. Kebanyakan orang gagal menabung karena mereka tidak membelanjakan uang dengan sadar. Akhirnya, mereka banyak yang terjebak ketidaktahuan tentang aliran keuangan mereka sendiri.

Lacak berapa jumlah pendapatan yang diperoleh setiap bulan dengan jumlah yang dibelanjakan. [newline]Untuk pelacakan ini, Anda bisa melakukannya secara guide atau digital menggunakan aplikasi penganggaran. Pastikan bahwa dalam anggaran yang dibuat telah mencakup pendapatan, biaya tetap, pengeluaran diskresioner, dan tabungan. Tinggi rendahnya literasi keuangan masyarakat berpengaruh pada kemampuan masyarakat tersebut dalam memahami segala sesuatu tentang keuangan.