Ini Lho 5 Cara Seru Mengajari Anak Menabung

Setiap orang tua, pasti mengingingkan anaknya untuk menjadi seseorang yang mandiri. Berbagai macam cara pun dilakukan untuk mengajarkan anak dalam menabung. Tentu karena dengan menabung kita dapat mengajarkan anak untuk mengelola keuangan sendiri, menghemat uang jajan dan berlatih bertanggungjawab dalam mengatur keuangan. Minimal mereka tidak bangkrut pada usia pensiun nanti karena sudah mengerti tentang pengelolaan keuangan dan sudah mempersiapkannya sejak dini” tutup Erry Yoga.

Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono dalam sambutannya, mengharapkan pelajar Jawa Barat dapat memulai budaya menabung sejak dini dengan menumbuhkan nilai disiplin dalam perencanaan keuangan dan penggunaan uang. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mulai mengajarkan si Kecil tentang konsep uang dan menabung. Bunda dapat menentukan sendiri jumlah uang jajan yang sesuai, lalu memberikannya secara rutin kepada si Kecil. CIMB Niaga dinilai dan diakui secara internasional sebagai perusahaan yang peduli terhadap upaya peningkatan literasi keuangan dan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya melalui program AMDB. Program edukasi dan literasi keuangan perbankan masih terus digalakkan oleh Otoritas Jasa Keuangan . Tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, namun program ini sebaiknya memang digaungkan di semua usia.

Menabung sejak dini

Cara ini dianggap tepat menimbang kenaikan harga emas yang dapat mengimbangi kenaikan tingkat inflasi. Sobat Sikapi bisa menabung dana haji melalui emas karena emas memiliki risiko yang relatif rendah. Jika jumlah emas yang kalian miliki sudah banyak, jangan lupa untuk menyimpan emas tersebut di tempat yang aman dengan menyewa safe deposit box yang biasanya juga disediakan di lembaga penjual emas tersebut.

Melansir dari laman Instagram @bankbahtera, ini cara mengajarkan anak menabung sejak dini. Kebanyakan orang tua menginginkan anaknya untuk lebih baik dari orang tuanya. Akan tetapi itu tidak dibarengi dengan sikap atau cara orang tua untuk memberikan contoh yang benar kepada anaknya. Akibatnya, tidak sedikit anak yang menyontoh sikap atau cara yang kurang baik dari orang tuanya. Oleh karena itu, kita juga harus dapat menjadi panutan yang benar untuk anak kita.

Menabung adalah menyimpan sejumlah uang agar dapat digunakan di kemudian hari jika diperlukan. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta Taman Pendidikan Islam Medan. Kegiatan didasari oleh himbauan Presiden Joko Widodo pada 31 Oktober 2016 mengkampanyekan “Ayo Menabung” dalam rangka hari Menabung Nasional di Jakarta Covention Center. Saat ini Wita adalah murid di SMKN 01 Simpang Hulu, mengambil jurusan Akuntansi. “Saya sangat berterima kasih kepada orang tuaku karena mereka sudah melatihku menabung sejak usia dini.

Meskipun sedang berada dalam kondisi finansial paling buruk, setidaknya kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan cadangan uang yang dimiliki. Atau jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan, kamu juga bisa menggunakannya untuk menanggung semua tagihan rumah situs judi slot terbaik dan terpercaya no 1 sakit. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus sampai tua, maka nantinya kamu dan anak akan semakin mengerti bahwa uang tidak didapat dengan mudah, melainkan harus melalui kerja keras. Dengan menabung, kamu dan anak tentu menyimpan sebagian uang yang tidak terpakai.

Pemerintah berkomitmen akan terus mendorong budaya menabung sejak dini, khususnya bagi para pelajar di Tanah Air. Enggak bisa dipungkiri nih, menjadi kaya raya tentu diidamkan oleh setiap insan. Tentu untuk menjadi orang cepat kaya itu bukan perkara mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil juga kok asalkan punya kemauan kuat dan disiplin dalam mengelola keuangan awal bulan dengan baik. Maksudnya dengan menabung kamu bisa bersabar atau menahan diri untuk membeli sesuatu dengan dana yang kamu miliki. Dengan menabung kamu bisa lebih mudah mengatur dan menentukan mana sesuatu yang bisa kamu dahulukan prioritasnya dan mana yang bukan prioritasnya. Itulah 5 keuntungan menabung sejak dini yang bisa anak dan Anda rasakan.